Senin, 19 Oktober 2015

Permainan Tradisional Jaman Dahulu yang Mulai Terlupakan

Permainan Tradisional Jaman Dahulu yang Mulai Terlupakan - Berbeda jauh dengan dahulu sekarang permainan anak sangat canggih dan mewah namun memiliki dampak negatif yaitu hilangnya rasa kebersamaan yang dulu ditunjukkan saat bermain permainan jaman dahulu seperti, congklak, monopoli dan yang lainnya. Kali ini kita akan mengulas beberapa permainan jaman dahulu yang sudah mulai terlupakan.

1. Petak Umpet
    Permainan ini merupakan permainan yang dapat dimainkan minimal 2 orang, Jika semakin banyak orang akan semakin seru. Dimulai dengan mencari yang menjadi kucing (yang jaga) dengan cara Hompimpa. Selanjutnya yang kalah Hompimpa atau yang menjadi kucing akan menutup matanya dan berhitung, dan biasanya menghadap tembok atau pohon, bila menghitung selesai saatnya kucing mencari teman-teman yang telah bersembunyi satu persatu. Setelah semua ditemukan yang pertama ditemukan akan menjadi kucing seterusnya, dan adapula dilakukannya penarikan teman yang jaga atau yang menjadi kucing dengan cara berbaris dibelakang kucing, dan yang menjadi kucing sebelumnya menyebutkan nomor yang jaga, terhitung dari belakangnya (Permainan ini menentukan yang jaga sesuai peraturan yang disepakati).


2. Betengan
    Permainan ini dapat dimainkan minimal 4 orang, dan adapula sistem group yang terdiri dari 2 atau 4 orang atau lebih didalamnya. Cara memainkannya adalah masing-masing group memilih tempat atau markasnya bisa itu sebuah pohon dinding atau lainnya yang dimana didalam permainan ini disebut benteng. Adapun tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang atau mengambil alih benteng lawan dengan cara menyentuh benteng meilik lawan dan yang menyentuh lebih dulu dia dinyatakan group yang menang, adapun cara selanjutnya yaitu dengan menawan lawan dengan cara menyentuhnya namun siapa yang terakhir menyentuh bentengnya masing-masinglah yang berhak menyentuh lawannya.


3. Kelereng
    Kelereng atau sering disebut gundu, keneker, guli dan masih banyak istilah lainnya, permainan ini dimainkan dengan menggunakan bola kecil yang terbuat dari kaca namun aman jika dimainkan. Cara memainkannya yaitu dengan mengarahkan kelereng kita ke arah kelereng lawan, jika terkena kelereng lawan kita dinyatakan menang (didalam permainan ini juga banyak terdapat peraturan permainannya ditiap daerah).


4. Engklek atau Demprak
    Permainan ini merupakan permainan tradisional denagan cara lompat –pada bidang– datar yang telah digambar berbentuk kotak dengan tingkatan, cara memainkannya dengan membuat gambar kotak-kotak kemudian melompat dengan satu kaki dari kotak satu kekotak berikutnya. Permainan ini bisa dimainkan oleh 2 sampai 5 anak atau lebih dan dilakukan di halaman luas.


5. Congklak
    Congkak merupakan permainan tradisional yang dikenal berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Permainan ini pada umumnya dimainkan oleh anak perempuan, permainan ini menggunankan sejenis cangkang kerang sebagai biji congklak dan apabila tidak ada bisa memakai benda lain seperti batu, biji-bijian sampai kelereng. Cara memainkannya dengan memasukkan biji congklak kedalam lobang yang ada dibidang congklak.


Itulah Sedikit Permainan Tradisional Jaman Dahulu yang Mulai terlupakan, semoga dengan membaca artikel ini kita bisa mengenang kembali kenangan jaman dahulu yang penuh kecerian, Terima kasih
Klaim Artikel ini baca: Disclaimer


EmoticonEmoticon