Senin, 12 September 2016

Objek Wisata Goa Putri Yang Wajib Dikunjungi di Kabupaten OKU

1. Wisata Terpadu Gua Putri 
Objek wisata Gua Puteri semakin hari semakin menantang untuk dikunjungi. Gua yang menyimpan peninggalan yang bersejarah ini, tidak hanya menawarkan wisata alam yang menakjubkan. 
Goa Putri via http://palembang.tribunnews.com/
Tapi juga wisata budaya, wisata sejarah, bahkan pusat studi. Obyek wisata ini terletak di Desa Padang bindu, Kecamatan Semidangaji, Kabupaten OKU. 

Jaraknya tempuhnya sekitar 35 Km dari pusat kota Baturaja. Hanya perlu waktu sekitar 30-40 menit jika menggunakan kedaraan roda dua atau roda empat via Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Sarana pendukung sekitar dan dalam gua yang sudah dibangun diantaranya, tempat istirahat (shelter), penerangan listrik dalam goa, kolam kecil alami tempat cuci muka atau mandi, musala MCK, dan warung makanan. 

2. Gua Harimau 
Gua Harimau terletak sekitar 500 meter dari Gua Puteri di Desa Padang bindu, Kecamatan Semidang aji, Kabupaten OKU. Selain wisatawan umum, obyek wisata yang satu ini kerap dikunjungi para peneliti. Gua Harimau atau dikenal juga dengan nama Situs Padang bindu ini merupakan tempat ditemukan 78 kerangka populasi Austronesia awal (cikal bakal manusia sekarang).
Ini adalah tulang kerangka manusia yang ditemukan di Gua Harimau. Kerangka ini ditempatkan di Museum Si Pahit Lidah, tak jauh dari Gua Puteri di Kabupaten OKU. (Tribun Sumsel/Andi Agus Triyono)
Gua Harimau kini sudah dilengkapi fasilitas tangga permanen yang anak tangganya sebanyak 104. Juga sudah dilengaapi anjungan untuk memudahkan pengunjung melihat tanpa menggangu tim peneliti yang sedang bekerja.

3. Gua Silabe 
Gua Silabe, termasuk salah satu potensi alam yang luar biasa memesona. Lokasinya masih di sekitar Gua Puteri dan Gua Harimau. Panjang gua ini mencapai 200 meter, lebar 5 meter dan tingginya sekitar 5 meter. 

Keindahan batu stalagtit dan stalagnit yang ada di dalam gua menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dinding atas gua tampak seperti butiran-butiran berlian berkilau.  

4. Museum Purbakala 
Museum ini berlokasi di depan Gua Puteri. Pemerintah Kabupaten OKU tengah berupaya mengembangkan museum ini agar lebih modern. Di museum ini dipamerkan refilika kerangka manusi pra-sejarah berusia 3.500 tahun, benda-benda peninggalanm sejarah dan alat-alat paleolitik serta kekayaan budaya manusia pra-sejarah.


EmoticonEmoticon