Senin, 09 November 2015

Kota Beras Yang Menjelma Menjadi Kota Batu

Kota Beras via rinaldi007.wordpress.com
Seputar Baturaja - Beberapa tahun yang lalu, OKU dikenal sebagai kota beras. Jargon kota beras bukanlah tanpa alasan, hal tersebut dikarenakan didaerah Belitang dan Ogan terdapat lahan persawahan yang luas sehingga bisa menopang ketahanan pangan nasional. Namun kini Belitang bukan lagi bagian dari Kabupaten OKU melainkan termasuk wilayah OKU Timur. Kota beras yang dulu menjadi kebanggaan OKU kini disandang oleh Belitang yang merupakan Kabupaten OKU Timur.

Dibelitang (OKU Timur) masih terdapat lahan persawahan yang luas yang memungkinkan ditanami padi atau jagung. Mayoritas masyarakat Belitang (OKU Timur) menggantungkan diri sebagai petani. Namun kini pemerintah mulai memperhatikan kesejahteraan para petani dengan mencanangkan program swasembada beras dengan tidak mengimpor beras dari negara lain. Kebijakan pemerintah menargetkan swasembada beras ditahun 2015 memberikan angin segar bagi para petani padi di belitng. Pemerintah akan membeli gabah dari petani padi yang akan meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia termasuk petani padi yang ada di Belitang (OKU Timur).

Tugu Batu via www.panoramio.com
Setelah kehilangan jargon kota beras, secara otomatis tugu beras yang ada di pasar atas (pasar pucuk) diganti menjadi tugu batu. Pergantian tugu beras menjaditugu batu bukanlah tanpa alasan. Kini Kabupaten OKU mempunyai komuditas asli daerah yang patut dibanggakan yaitu Batu Akik Khas Baturaja. Penomena batu akik yang kini menjangkiti masyarakat Indonesia direspon serius oleh Pemerintah Daerah OKU dengan membuat tugu batu yang semula dijadikan tugu beras.

Kini oku telah menemukan kembali jati dirinya setelah mentahbiskan diri sebagai kota batu. Terbukti, kini Batu Akik asli Baturaja mulai digemari bukan hanya oleh masyarakat lokal namun juga diburu oleh kolektor luar daerah bahkan mancanegara. Baturaja mempunyai batu akik dengan kualitas dan keindahan yang tidak kalah dengan batu akik dari daerah lain. Batu lavender dan batu spritus misalnya, batu ini mempunyai tingkat kekerasan hingga 7 mohz dan mempunyai warna yang indah. Tidak heran jika batu ini bisa dihargai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.


EmoticonEmoticon