Sabtu, 17 September 2016

Cara Singkat Pembuatan "TEMPOYAK"

Tempoyak??? Makanan Khas warga Sumatera ini merupakan makanan yang berbahan dasar Durian. Adapun Biasanya masyarakat Baturaja, sering memasak tempoyak ini dengan ikan patin sehingga sering disebut dengan Pais (Pepes) Ikan patin. namun berbeda dari Pepes Ikan Pati biasanya, untuk bumbu utamanya, tempoyaklah yang sering digunakan oleh masyarakat OKU ini. Selain dibuat pais ikan, tempoyak juga bisa dijadikan sebagai sambal tempoyak, ada juga yg memakan tempoyak ini mentah-mentah tanpa harus diolah terlebih dahulu. (karna berbahan dasar buah durian) Tempoyak adalah durian yang di fermentasi. Adapun rasanya sedikit asam
Makan Tempoyak Mantap via rennyambar.wordpress.com
Baca Juga : Apa itu Tempoyak?
  
Berikut Cara Pembuatan "TEMPOYAK
Langkah-Langkah Pembuatan Tempoyak, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, yang pasti kita memiliki buah durian yang cukup banyak, dan buah durian disiapkan haruslah yang sudah matang. Durian lokal dipilih untuk mendapatkan hasil tempoyak yang baik, karena jika penggunaan durian montong dinilai kurang bagus hasilnya karena terlalu banyak mengandung air dan gas. 
  • Dan Kedua, biji durian dipisahkan dari dagingnya. Bagian dari durian yang dibutuhkan untuk membuat tempoyak adalah dari dagingnya. 
  • Ketiga, Ditambahkan sedikit garam untuk memberikan rasa asin pada daging durian, dan tanpa menghilangkan rasa manisnya, lalu aduk hingga rata. Dan ditambahkan sedikit cabai rawit yang sudah diulek, kemudian aduk daging durian hingga rata. Selain menambahkan rasa pedas, cabai rawit juga mempercepat proses fermentasi. 
  • Setelah selesai dan merata, daging durian disimpan didalam wadah tertutup (lebih baik gunakan stoples dan disimpan pada suhu ruangan). Adapun tempat yang sering dipakai warga Baturaja untuk menyimpan tempoyak merupakan toples besar yang terbuat dari tanah liat yang biasa disebut siton.


EmoticonEmoticon